Senin, 19 September 2011

KECANDUAN GAME ONLINE .......???
Pada saat ini, akses online game melalui internet sudah mewabah di setiap daerah. Hal ini membuat anak-anak remaja, mulai bangku sekolah menengah pertama sampai mahasiswa, kerasan duduk berjam-jam bermain online game atau melihat situs porno pada waktu belajar, baik pagi, sore, maupun malam hari, bahkan sampai 24 jam nonstop.
            Melalui internet, mereka dapat mengakses online game untuk mencari lawan tanding dengan reward tertentu ( poin diperjualbelikan ) atau chatting dengan temannya di dunia maya tanpa dapat kita ketahui bagaimana perilaku dan sifat temannya tsb. Game Online sangat mengasyikkan karena tampilan yang menarik dan pemain bisa berinteraksi dengan teman/lawan dalam game tersebut.
             Karena asyiknya sebagian anak-anak dan remaja sampai kecanduan dan berakibat negatif kepada kehidupan sosial dan pelajarannya di sekolah, karena mereka tidak bisa menahan diri untuk bermain dan sebagian besar waktunya digunakan di warnet untuk bermain Game Online
.

      Beberapa dampak buruk yang berbahaya bagi anak-anak dan remaja yang kecanduan Game Online diantaranya :

1. Pemborosan uang karena harus membayar sewa game online
2. Gamer malas belajar / bekerja karena pikirannya terfokus pada Game Online, apalagi bermain Game yang ada unsur judinya.
3. Sakit Kepala (pusing), jika terlalu lama bermain
4. Mata cepat rusak karena lama di depan monitor komputer
5. Terjadi perkelahian antar pemain jika bersaing dan saling menjelekkan
6. Tidak pulang ke rumah
7. Berbohong kepada orang tua,misalnya: pergi ke rumah teman, ternyata main     game online.Minta uang untuk beli buku ternyata untuk main game.
8. Akumulasi emosi negatif apabila kalah didalam bermain.
9. Dehidrasi (kekurangan cairan) ringan sampai berat, bahkan ada yang meninggal dunia.
10. Anak/Remaja cepat marah dan tersinggung.
11. Terpengaruh dengan kekerasan dalam Game, sehingga ada anak di wilayah Tangerang yang membunuh ibu tirinya karena terinspirasi dari Game.
12. Meninggalkan sholat karena keasyikan bermain


aada beberapa tips agar anda tidak kecanduan game online :

1. bermainlah sekadarnya saja, bila merasa keasikan saat bermain ingatlah bahwa anda punya tugas dan tanggung jawab terhadap pekerjaan anda baik sebagai pekerja ataupun sebagai pelajar.
2. ingatlah selalu dengan tugas tugas anda yang lainnya dan anda harus tau bahwa anda harus aktualisasi diri anda agar tidak hanya terfokus kepada permainan saja.
3. bagi anda yang beragama islam ingat lah selalu sholat 5 waktu.
4. variasikan hidup anda dengan berbagai macam kegiatan agar tidak monoton.
5. anda harus alihkan kebiasaan anda itu dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.
6. bersikaplah lebih bijak dan dewasa terhadap diri anda dan sekitar anda.
7. Ingat masa depan anda. Main game hanya u/ hiburan semata, jangan sampai karena lupa diri qta lupa urusan lain yg sebenarnya lebih manfaat bagi masa depan qta kelak!!!
Sumber : http://kaskus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar