Senin, 19 September 2011

Teknologi Java Servlet

Tak lama setelah web mulai digunakan untuk memberikan layanan, penyedia layanan menyadari kebutuhan untuk konten dinamis. Applet, salah satu upaya awal menuju tujuan, berfokus pada penggunaan platform klien untuk memberikan pengalaman pengguna yang dinamis. Pada saat yang sama, pengembang juga meneliti menggunakan platform server untuk tujuan yang sama. Awalnya, Gateway Interface umum (CGI) script sisi server adalah teknologi utama yang digunakan untuk menghasilkan konten dinamis. Meskipun banyak digunakan, script CGI teknologi telah banyak kekurangan, termasuk ketergantungan platform dan kurangnya skalabilitas. Untuk mengatasi keterbatasan ini, teknologi Java Servlet diciptakan sebagai cara yang portabel untuk memberikan dinamis, berorientasi pengguna konten.



Apakah Servlet?

Servlet adalah kelas bahasa pemrograman Java yang digunakan untuk memperluas kemampuan server yang diakses oleh aplikasi host melalui suatu model pemrograman request-respon. Meskipun servlet dapat menanggapi setiap jenis permintaan, mereka umumnya digunakan untuk memperluas aplikasi host oleh server web. Untuk aplikasi tersebut, teknologi Java Servlet HTTP mendefinisikan kelas servlet spesifik.
Paket javax.servlet dan javax.servlet.http menyediakan antarmuka dan kelas untuk menulis servlet. Semua servlet harus mengimplementasikan interface Servlet, yang mendefinisikan metode siklus-hidup. Ketika menerapkan layanan generik, Anda dapat menggunakan atau memperpanjang kelas GenericServlet disediakan dengan Java Servlet API. Kelas HttpServlet menyediakan metode, seperti doGet dan doPost, untuk menangani HTTP-layanan khusus.


Siklus Hidup Servlet
Siklus hidup servlet dikendalikan oleh wadah di mana servlet telah dikerahkan. Ketika ada permintaan yang dipetakan ke servlet, wadah melakukan langkah-langkah berikut.
  1. Jika sebuah instance dari servlet tidak ada, wadah web
    1. Beban kelas servlet.
    2. Membuat sebuah instance dari kelas servlet.
    3. Menginisialisasi instance servlet dengan memanggil metode init. Inisialisasi tercakup dalam Memulai Servlet .
  2. Memanggil metode layanan, melewati permintaan dan respon objek. Metode layanan yang dibahas dalam Penulisan Metode Layanan .
Jika kontainer perlu untuk menghapus servlet, servlet itu memfinalisasi dengan memanggil servlet yang menghancurkan metode. Finalisasi dibahas dalam Menyelesaikan Servlet .

Penanganan Servlet Hidup-Siklus Kegiatan

Anda dapat memantau dan bereaksi terhadap peristiwa dalam siklus hidup servlet dengan mendefinisikan objek pendengar yang metode mendapatkan dipanggil ketika hidup-siklus peristiwa terjadi. Untuk menggunakan benda-benda pendengar Anda harus mendefinisikan dan menetapkan kelas pendengar.

Mendefinisikan Kelas Pendengar
Anda mendefinisikan kelas pendengar sebagai implementasi dari antarmuka pendengar. Tabel 10-1 berisi daftar peristiwa yang dapat dipantau dan antarmuka yang sesuai yang harus dilaksanakan. Ketika metode pendengar dipanggil, itu adalah melewati acara yang berisi informasi yang tepat untuk acara tersebut. Misalnya, metode dalam interface HttpSessionListener yang melewati HttpSessionEvent, yang berisi sebuah HttpSession.

Tabel 10-1 Servlet Hidup-Siklus Kegiatan
Objek Acara Pendengar Interface dan Kelas Acara
Web konteks (lihat Mengakses Konteks Web ) Inisialisasi dan kehancuran javax.servlet.ServletContextListener dan
ServletContextEvent
Atribut ditambahkan, dihapus, atau diganti javax.servlet.ServletContextAttributeListener dan
ServletContextAttributeEvent
Sesi (Lihat Klien Mempertahankan Negara ) Penciptaan, penghapusan, aktivasi, pasif, dan timeout javax.servlet.http.HttpSessionListener, javax.servlet.http.HttpSessionActivationListener, dan
HttpSessionEvent
Atribut ditambahkan, dihapus, atau diganti javax.servlet.http.HttpSessionAttributeListener dan
HttpSessionBindingEvent
Permintaan Permintaan servlet telah mulai diproses oleh komponen-komponen web javax.servlet.ServletRequestListener dan
ServletRequestEvent
Atribut ditambahkan, dihapus, atau diganti javax.servlet.ServletRequestAttributeListener dan
ServletRequestAttributeEvent

Menentukan Kelas Acara Pendengar
Anda menetapkan kelas acara pendengar menggunakan elemen pendengar deployment descriptor.
Anda dapat menentukan pendengar acara menggunakan editor deployment descriptor dari NetBeans IDE dengan melakukan hal berikut:
  1. Perluas node proyek aplikasi Anda.
  2. Web memperluas proyek Halaman dan WEB-INF node.
  3. Double-klik web.xml.
  4. Klik Umum di bagian atas editor web.xml.
  5. Memperluas Aplikasi Web simpul Pendengar.
  6. Klik Tambah.
  7. Dalam dialog Pendengar Tambah, klik Browse untuk mencari kelas pendengar.
  8. Klik OK.

Penanganan Kesalahan Servlet

Setiap jumlah pengecualian dapat terjadi ketika servlet dijalankan. Ketika pengecualian terjadi, wadah web menghasilkan halaman default yang berisi pesan
Sebuah Exception Servlet Has Occurred 
Tapi Anda juga dapat menentukan bahwa wadah harus kembali halaman kesalahan khusus untuk pengecualian diberikan.


sumber : http://java.sun.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar